Penyebab Kanker Payudara Di Usia Muda

Kanker payudara adalah momok bagi semua wanita di dunia termasuk wanita muda, berikut ini adalah beberapa penyebab kanker payudara di usia muda yang perlu untuk diketahui sebagai antisipasi selain mengetahui dan mencari tahu akan gejala kanker payudara.

Penyebab Kanker Payudara Di Usia Muda

Kanker payudara adalah kondisi dimana adanya pertumbuhan dan perkembangan sel abnormal di jaringan payudara sehingga payudara mengalami kerusakan bahkan hancur, dan yang lebih berbahaya lagi adalah semakin ganas kanker yang diderita maka bisa menyebar melalui aliran darah ke organ lainnya didalam tubuh.

Orang yang telah lanjut usia lebih sering terkena penyakit mematikan ini, akan tetapi tidak menutupkan kemungkinan wanita berusia produktif dan masih mudah terkena penyakit ini, terlebih saat ini banyak makanan penyebab kanker payudara yang dengan mudah didapatkan dan sering dikonsumsi oleh wanita.

Jika terdeksi sejak awal, kanker payudara dapat diobati serta tingkat kesembuhan dari penyakit besar dibandingkan jika melakukan pengobatan dengan status kanker sudah masuk stadium lanjut.

Salah satu indikasi atau gejala kanker payudara yang mudah kita kenali adalah munculnya benjolan di payudara, namun tidak semua benjolan di payudara adalah kanker, ada penyebab atau kondisi medis lain yang bisa menyebabkan timbulnya benjolan di payudara.

Penyebab Kanker Payudara Di Usia Muda

Belum ada kepastian akan penyebab kanker payudara pada wanita muda, akan tetapi ada beberapa faktor yang bisa menjadi pemicu atau penyebab penyakit kanker payudara pada wanita muda salah satunya adalah karena terlalu seringnya mengkonsumsi atau menggunakan pil KB.

Hal tersebut masuk akal karena hasil study yang dilakukan di tahun 2002 mengungkapkan bahwa wanita muda yang sering mengkonsumsi sejenis pil KB beresiko tinggi terkena kanker payudara.

Selain sering mengkonsumsi pil KB, ada juga faktor lain yang bisa memicu timbulnya penyakit kanker pada wanita muda, yakni :

Faktor Genetik ( Keturunan )

Jika dikeluarga anda ada yang memiliki riwayat mengidap kanker payudara maka anda beresiko tinggi terkena kanker payudara karena anda mewarisi mutasi gen.

Kepadatan Payudara

Jika anda memiliki payudara dengan jaringan susu padat maka memiliki resiko tinggi terkena kanker payudara.

Gaya Hidup

Bagi anda wanita muda yang memiliki gaya hidup tidak sehat seperti sering mengkonsumsi alkohol, merokok, dan mengkonsumsi makanan yang dapat memicu tumbuhnya kanker payudara maka anda lebih beresiko terkena kanker payudara.

Baca : Makanan Penyebab Kanker Payudara

Radiasi

Jika anda sering terkena paparan sinar radiasi seperti sinar x dan CT scan karena sedang melakukan pengobatan yang mengharuskan anda menjalani semuanya maka anda patut waspada karena paparan radiasi tersebut bisa mengakibatkan kanker payudara.

Asupan Makanan Tidak Sehat

Ini merupakan kebiasaan yang tidak bisa terelakan utamanya dijaman sekarang yang suka dengan hal instan termasuk dalam hal makanan dimana saat ini banyak orang lebih suka mengkonsumsi makanan instan yang berpengawat dan penwarna buatan.

Padahal konsumsi makanan instan berlebihan bisa menjadi penyebab kanker payudara di usia pada wanita sehingga sebaiknya mulai saat ini dikurangai.

Salah satu contoh makanan berpengawet adalah makanan yang dikemas dalam kaleng.

Selain itu kelebihan berat badan, pemasangan implan payudara, sering lembut, terapi penggantian hormon dan adanya benjolan jinak dipayudara juga bisa menjadi penyebab kanker payudara di usia muda.

Itulah beberapa penyebab kanker payudara di usia muda yang perlu untuk diketahui dan bagi anda wanita muda yang memiliki resiko terkena penyakit kanker payudara maka anda harus senantiasa berhati-hati dan sesering mungkian melakukan pemeriksaan kesehatan payudara anda serta menghindari beberapa hal yang dapat memicu timbulnya kanker payudara.

Semoga apa kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih sudah menyimak dan jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel kami bermanfaat !

One thought to “Penyebab Kanker Payudara Di Usia Muda”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *