Pencegahan Kanker Payudara Pada Wanita Remaja

Kanker payudara adalah penyakit mengerikan dan mematikan oleh semua wanita karena bisa menyebabkan kematian, namun sebenarnya penyakit ini bisa dicegah dan berikut ini adalah pencegahan kanker payudara yang bisa anda lakukan sendiri dirumah utamanya bagi anda wanita yang memiliki resiko tinggi terkena kanker payudara.

Pencegahan Kanker Payudara

Langkah Awal Pencegahan Kanker Payudara > Mengenal Resiko Kanker Payudara

Hal pertama yang penting untuk dilakukan sebagai pencegahan kanker payudara adalah mengenali apa saja faktor yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit kanker payudara.

Ada faktor resiko yang tidak bisa dihindari yakni faktor genetik dimana jika ada salah satu anggota keluarga anda yang memiliki riwayat terkena kanker payudara maka anda beresiko tinggi terkena kanker payudara.

Selain itu, ada beberapa faktor lain yang bisa meningkatkan resiko terkena kanker payudara pada wanita, yakni :

Faktor Usia

Semakin bertambah tua usia seorang wanita maka semakin beresiko terkena penyakit kanker payudara. Selain itu wanita yang mendapat menstruasi pertama dibawah usia 12 tahun serta mengalami menopause setelah usia 51 tahun juga berisiko terkena kanker payudara.

Faktor kehamilan

Kanker payudara juga ada kaitannya dengan kehamilan dimana wanita dewasa yang belum pernah hamil atau baru hamil pertama pada usia diatas 30 tahun serta melahirkan diatas usia 35 tahun ternyata beresiko menderita kanker payudara.

Faktor X ( Lainnya )

Selain faktor diatas ada beberapa faktor lain yang bisa meningkatkan seorang wanita terkena kanker payudara seperti : sebelumnya pernah mengidap kanker payudara, pernah mengalami kanker seviks, memiliko jaringan payudara yang padat serta pernah terkena paparaan radiasi sekitar dada pada usia anak-anak atau remaja.

Nah setelah anda mengenal dan memahami tentang faktor-faktor yang dapat meningkatkan resiko kanker payudara maka selanjutnya anda bisa fokus kepada bagaimana cara pencegahan kanker payudara pada wanita yang memiliki faktir resiko diatas.

Dan berikut ini adalah beberapa cara mencegah kanker payudara yang bisa dilakukan untuk mengurangi resiko-resiko diatas :

Menjaga berat badan tetap ideal

Wanita dengan berat badan berlebih ( obesitas ) setelah masa menopause yakni masa berakhirnya siklus mentruasi pada seorang wanita seiring bertambahnya usia memiliki resiko terkena kanker payudara sebesar 30-60 persen.

Sementara itu wanita yang mengalami perubahan berat badan berlebih sebelum menopause memiliki resiko terkena kanker payudara di angka 20-40 persen lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang memiliki berat badan normal atau ideal.

Untuk itu menjaga berat bada agar tetap ideal adalah salah satu pencegahan kanker payudara yang bisa dilakukan oleh wanita.

Utamakan Makanan Sehat

Mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayur serta menerapkan gaya hidup sehat serta menjauhi beberapa makanan penyebab kanker payudara merupakan langkah tepat yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker payudara.

Bukan hanya sebagai pencegahan, gaya hidup sehat dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur juga terbukti dapat memberikan perubahan pada penderita kanker payudara.

Rajin Berolahraga

Hasil sebuah study menjelaskan bahwa wanita yang aktif secara fisik lebih minim terkena kanker payudara apabila dibandingkan dengan wanita yang sudah bertahun-tahun tidak pernah berolahraga.

Contoh olahraga standar yang bisa dilakukan sebagai upaya pencegahan kanker payudara adalah olahraga aerobik intensitas sedang (seperti bersepeda dan jalan cepat) selama 2 jam 30 menit per minggu.

Jauhi Merokok

Wanita yang aktif merokok memiliki resiko sebesar 24 persen lebih tinggi terkena kanker payudara dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah merokok. Wanita yang pernah merokok di angka 13 persen, wanita yang sejak usia dini sudah meroko di angka 12 persen dan wanita yang merokok sebelum kehamilan pertama berada di angka 21 persen.

Dengan begitu maka berhenti merokok adalah cara terbaik yang bisa dilakukan untuk terhindar dari kanker payudara.

Membatasi minuman beralkohol

Bagi wanita yang sering mengkonsumsi alkohol maka menghentikan kebiasaan tersebut adalah hal yang paling tepat untuk bisa terhindari dari kanker payudara.

Konsumsi satu gelas saja perhati bisa meningkatkan resiko terkena kanker payudara sebesar 10-12 persen apabila dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah mengkonsumsi alkohol.

Sementara itu potensi akan semakin tinggi jika wanita hampir setiap hari atau sering mengkonsumsi minuman beralkohol.

Menyusui bayi secara teratur

Hasil study yang dilakukan mengungkap bahwa menyusui dapat membantu mencegah kanker payudara karena bisa menurunkan resiko kanker payudara sebesar 4,3 persen.

Hindari terkena paparan radiasi

Salah satu paparan radiasi yang sulit untuk dihindari adalah dari asak kendaraan dan bahan kimia.

Selain itu paparan radiasi juga bisa didapatkan dari penggunaan peralatan kesehatan CT scan dan bekerja di tempat pengobatan yang menggunakan radiasi.

Selain itu, melakukan pemeriksaan payudara sendiri dengan metode SADARI secara rutin adalah hal lain yang bisa anda lakukan bahkan di sarankan sebagai upaya pencegahan dan mendeteksi gejala kanker payudara stadium awal.

Demikianlah informasi singkat tentang pencegahan kanker payudara ini semoga apa yang telah kami sampaikan bermanfaat dan bisa dipahami, terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa bagikan jika anda rasa tulisan kami bermanfaat. SALAM SEHAT > LAWAN KANKE PAYUDARA

sumber materi :
http://www.alodokter.com/

Baca Juga :

Penyebab Kanker Payudara Di Usia Muda
Ciri Benjolan Kanker Payudara
Cara Mengolah Keladi Tikus Untuk Obat Kanker Payudara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *