Makanan Penyebab Kanker Payudara

Makanan Penyebab Kanker Payudara .- Gaya hidup yang tidak sehat seperti sering mengkonsumsi makanan yang dapat memicu tumbuhnya penyakit kanker adalah salah satu penyebab timbulnya penyakit kanker payudara pada wanita.

Untuk itu mari mulai saat ini kita kenali makanan penyebab kanker payudara dan sebisa mungkin mengurangi konsumsi makanan tersebut utamanya bagi anda wanita yang memiliki resiko terkena kanker payudara agar anda terhindari dari penyakit mematikan dan mengerikan tersebut.

Makanan Penyebab Kanker Payudara

Makanan Penyebab Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan penyakit yang paling ditakuti oleh semua wanita didunia setelah kanker serviks, mengingat penyakit ini mengerikan dan mematikan karena tak jarang wanita yang menderita kanker payudara harus meregang nyawa.

Selain itu biaya yang diperlukan untuk penanganan dan pengobatan kanker payudara secara medis sangatlah mahal sehingga tidak semua orang mampu melakukan dan mendapatkan penanganan yang maksimal.

Sehingga tidaklah heran jika angka kematian akibat kanker payudara terus meningkat diberbagai negara berkembang yang memiliki kesenjangan sosial tinggi salah satunya negara kita indonsia.

Jumlah penderita kanker payudara di negara kita tercinta memiliki jumlah paling tinggi dibandingkan dengan jenis kanker lainnya.

Sistem Informasi RS (SIRS), mencatat, total pasien rawat jalan maupun rawat inap pada kanker payudara terbanyak yaitu 12.014 orang (28,7%).

Pengetahuan mengenali tanda atau gejala awal kanker payudara yang rendah juga ikut menjadi penyebab tingginya jumlah penderita kanker payudara yang meninggal dunia.

Padahal jika kanker payudara mampu dideteksi secara dini maka harapan sembuh dari penyakit kanker payudara lebih besar.

Selain itu makanan yang kita konsumsi sehari-hari juga ikut ambil dalam meningkatkan jumlah penderita penyakit kanker payudara karena disadari atau tidak kebiasan mengkonsumsi makanan tanpa pilih-pilih bisa menjadi penyebab timbulnya penyakit kanker payudara.

Untuk itu mari mulai dari sekarang kita membiasakan lebih selektif lagi dalam memperhatikan makanan yang kita konsumsi agar terbebas dari penyakit kanker payudara.

Nah, bagi anda yang belum mengetahui apa saja makanan penyebab kanker payudara berikut kami berikan informasinya untuk anda.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan penyebab kanker payudara yang harus anda waspadai dan ketahui, yakni

1). Daging Merah

Jika selama ini anda sering dan suka mengkonsumsi daging merah seperti daging sapi dan kambing maka mulai sekarang anda coba kurangi konsumsi daging merah tersebut.

Hasil sebuah penelitian yang Harvest Medical School mengungkapkan bahwa konsumsi daging merang secata rutin dapat memicu tumbuhnya sel kanker didalam tubuh.

2). Daging Olahan

Selain daging merah, daging olahan ( cepat saji ) jika dapat meningkatkan resiko kanker karena daging olahan tersebut mengandung bahwa pengawet yang bisa memicu tumbuhnya sel kanker jika dikonsumsi terlalu sering.

Beberapa contoh daging olahan adalah : sosis, ham dan hot dog

3). Kentang Goreng

Bagi anda yang suka dan sering mengkonsumsi cemilan kentang goreng maka mulai saat ini anda sarakan untuk mengurangi kebiasaan anda jika anda tidak ingin terkena kaker payudara utamanya wanita.

Kentang goreng diketahui mengandung akrilamida (suatu zat karsinogenik yang akan terbentuk pada makanan yang diolah pada suhu tinggi) yang meningkatkan resiko terkena kanker.

4). Makanan Yang Dibakar Atau Dipanggang

Semua orang tentu suka dengan makan-makanan yang dibakar seperti ayam bakar, sate, ikan bakar dan lainnya karena memiliki aroma khas yang meningkatkan selera makan sehingga teras nikmat.

Namun mulai saat ini jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan yang dibakar karena makanan yang dibakar mengandung Zat karsinogen yakni senyawa dalam sel tubuh yang bisa memicu pertumbuhan sel kanker hingga 2 kali lipat lebih cepat.

5). Kerupuk Dan Keripik

Kurang lengkap rasanya jika makan tidak ada kerupuk , namun jika saat ini anda tengah menderita tumor hingga kanker atau ingin mencegah terkena kanker maka mulai saat ini coba anda jangan membiasakan atau sering makan kerupuk karena kerupuk diolah dalam suhu tinggi yang bisa menghasilkan zat karsinogen dan banyak mengandung lemak trans dan kadar garam yang tinggi.

Kandungan tersebut bisa memicu pertumbuhan sel kanker serta menimbulkan berbagai gangguan kesehata lainnya seperti jantung koroner, kerusakan hati, gagal ginjal, obesitas, dan kanker.

6). Makanan Yang Digoreng

Makanan yang dimasak dalam suhu tinggi seperti digoreng bisa memicu tumbuhnya sel kanker didalam tubuh utamanya jika penggunaan minyak sudah berulang.

Untuk itu kurangilah konsumsi gorengan, ikan goreng hingga daging goreng utamanya bagi wanita jika tidak ingin terkena kanker payudara dikemudian hari.

7). Makanan Yang Dipanaskan Dalam Microwave

Hampir semua makanan yang dipanaskan dalam microwave berpotensi menyebabkan penyakit kanker, hal tersebut karena wadah plastik yang digunakan akan melepaskan racun kimia ketika dipanas.

8). Makanan Yang Diawetkan, Diasinkan dan Diasapkan

Seluruh makanan tersebut mengandung nitrat yang jika sudah masuk kedalam tubuh bisa berubah menjadi nitrosamin yakni zat kimia yang dapat menimbulkan kanker pada saluran cerna atau hati.

9). Sayuran dan buah yang mengandung pestisida
10). Soft Drink
11). Salmon dari peternakan
12). Makanan ringan
13). Tomat Kaleng
14). Alkohol

Itulah beberapa makanan penyebab kanker payudara yang sebaiknya mulai saat ini anda kurangi, utamanya bagi anda wanita jika tidak ingin terkena penyakit kanker payudara.

Selain itu bagi penderita kanker payudara, makanan tersebut pantang dikonsumsi agar penyakit yang anda derita tidak semakin parah dan proses penyembuhan penyakit bisa berjalan maksimal.

Semoga apa yang kami sampaikan tentang makanan penyebab kanker payudara ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda sekaligus menjawab rasa ingin tahu anda.

Terima kasih banyak sudah menyimak dan berkunjunga di halaman sederhana kami ini, jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel sederhana ini bermanfaat !

Baca Juga :
Gejala Kanker Payudara Stadium Awal
Ciri Benjolan Di Payudara Yang Berbahaya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *