Gejala Kanker Payudara Stadium Awal

Penting bagi para wanita mengetahui gejala kanker payudara stadium awal sehingga penanganan dan pengobatan yang cepat dan tepat bisa dilakukan dengan begitu maka kemungkinan sembuh dari penyakit kanker payudara lebih tinggi.

Kanker payudara stadium awal adalah kanker payudara stadium 1 dimana kanker belum menyebar kekenjar getah bening di sekitar ketiak, lalu seperti apa gejala kanker payudara stadium awal ini ? berikut kami berikan informasinya untuk anda silahkan disimak !

Gejala Kanker Payudara

Mengenal Gejala Kanker Payudara Stadium Awal

Kanker payudara merupakan penyakit mematikan dan mengerikan sehingga sangat ditakuti oleh hampir semua wanita.

Sel kanker biasanya tumbuh dan berkembang di jaringan payudara seperti saluran keluar air susu, lobulus (pabrik penghasil air susu), bersama jaringan penunjang lainnya seperti jaringan lemak.

Gaya hidup, hormonal, dan faktor lingkungan dicurigai menjadi salah satu penyebab timbulkan kanker payudara pada wanita akan tetapi tidak semua wanita yang memiliki gaya hidup yang sama menderita penyakit kanker payudara.

Selain itu kanker payudara lebih beresiko dialami oleh wania diatas 50 tahun, memiliki riwayat keluarga menderita kanker payudara, dan pernah terdiaknosa menderita kanker payudara sebelumnya.

Jika kanker payudara terdeteksi pada stadium awal maka dapat diobati dan disembukan serta dapat dicegah agar tidak menyebar kebagian tubuh lainnya.

Itulah sebabanya mengapa sangat penting bagi kita semua utamanya bagi anda para wanita untuk mengetahui dan mencari tahu akan gejala kanker payudara stadium awal.

Gejala Kanker Payudara Stadium Awal Yang Perlu Kita Kenali

1. Timbulnya Benjolan Di Payudara

Indikasi atau gejala awal kanker payudara yang mudah dikenali adalah timbulnya benjolan di payudara akan tetapi tidak semua benjolan di payudara adalah kanker bahkan 9 dari 10 benjolan yang muncul bukanlah disebabkan oleh kanker.

Melainkan karena adanya kondisi medis lain seperti : kista payudara, tumor payudara jinak, cedera payudara dan lain sebagainya yang tidak begitu berbahaya.

Benjolan yang muncul di payudara pada tahap awal pertumbuhan kanker payudara biasanya berukukan kecil di bawah 2 cm.

2. Perubahan Kulit Dan Warna Payudara

Selain timbulnya benjolan, kanker payudara stadium 1 juga bisa menyebabkan perubahan pada warna dan kulit payudara dimana kulit payudara akan terlihat kemerahan seperti terjadinya iritasi, kulit payudara menebal seperti kulit jeruk dan permukaan kulit payudara tampak berlekuk-lekuk.

Namun pada sebagian kasus ada juga yang tidak mengalami gejala perubahan kulit dan warna payudara.

3. Puting Terasa Sakit

Tidak hanya kulitnya saja yang berubah, bagian puting juga akan mengalami perubahan yakni nampak seperti tertarik kedalam yang disertai timbulnya rasa nyeri serta keluarnya cairan abnormal ( biasanya disertai darah ) pada puting.

Selain itu ukuran payudara juga akan nampak berubah baik itu salah satu atau keduanya.

4. Gatal dan Ruam Di Payudara

Pada sebagian kasus kanker payudara juga bisa menyebabkan munculnya ruam dan rasa gatal di sekitar puting payudara.

5. Muncul benjolan pada ketiak

Meski disebut kanker payudara, bukan berarti benjolan pada di bawah ketiak yang Anda temui tidak ada hubungannya dengan kanker ini. Jaringan payudara meluas hingga di bawah ketiak. Itulah kenapa kanker dapat menyebar melalui kelenjar getah bening di bawah ketiak.

Segera temui dokter guna mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat jika beberapa gejala tersebut muncul dan anda rasakan dengan begitu maka hal terburuk yang mungkin saja terjadi pada diri anda bisa dihindari.

Selain menemui dokter anda juga bisa melakukan upaya penanganan lain yakni secara alternatif yaitu dengan rutin mengkonsumsi ramuan obat tradisional kanker payudara guna mengatasi gejala dan keluhan tersebut, dimana cara ini jauh lebih aman dan mudah dilakukan dibandingkan melakukan pengobatan secara medis.

Demikianlah informasi singkat tentang gejala kanker payudara stadium awal ini semoga bisa dipahami sehingga bisa menjawab rasa ingin tahu anda dan menambah wawasan anda.

Terima kasih banyak sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana kami, jangan lupa bagikan jika tulisan sederhana ini bermanfaat !

sumber materi :
http://www.alodokter.com/kanker-payudara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *