Ciri Benjolan Di Payudara Yang Berbahaya

Ciri Benjolan Di Payudara Yang Berbahaya .- Timbulnya benjolan di payudara adalah salah satu ciri kanker payudara, namun tidak setiap benjolan di payudara adalah kanker payudara melainkan ada sebab lain yang bisa menimbulkan kondisi tersebut.

Untuk itu sangat penting bagi kita khususnya anda wanita mengetahui ciri benjolan di payudara yang berbahaya akibat kanker sehingga jika benjolan yang muncul terindikasi berbahaya anda bisa segera melakukan tindakan pengobatan yang cepat dan tepat sehingga hal buruk yang bisa terjadi bisa anda hindari.

Ciri Benjolan Di Payudara Yang Berbahaya

Ciri Benjolan Di Payudara Yang Berbahaya

Indikasi atau gejala kanker payudara yang paling mudah dikenali adalah timbulnya benjolan di payudara, untuk itu jika saat ini anda memiliki benjolan di payudara anda patut waspada dan mencari tahu penyebab pastinya.

Namun walaupun begitu anda jangan buru-buruk panik atau merasa takut berlebihan mengingat tidak semua  benjolan di payudara adalah kanker payudara ada beberapa penyebab atau kondisi medis lainnya yang bisa menyebabkan timbulnya benjolan di payudara.

Berikut ini adalah beberapa penyebab timbulnya benjolan di payudara selain kanker, yakni :

  • Kista Payudara, merupakan kantong berisi cairan yang tumbuh atau terbentuk didalam jaringan payudara sehingga menimbulkan benjolan yang terasa lunak saat diraba. Jika benjolan sudah berukuan besar bisa menyebabkan timbulnya rasa sakit di payudara.
  • Perubahan fibrokistik, benjolan ini muncul akibat dari terjadinya ketidakstabilan hormon dan benjolan sering muncul disertai sakit pada saat wanita yang menderitanya datang bulan.
  • Fibroadenoma Mamae ( FAM ), yakni benjolan pada di payudara yang terbentuk dari lobus ( kelenjar pembentuk susu ) di sekitar payudara. Benjolan yang muncul tidak terasa sakit dan bisa bergeser pada saat ditekan dan lebih sering terjadi pada wanita berusia 20-30 tahun.
  • Infeksi bakteri seperti mastitis juga dapat menimbulkan benjolan yang terasa nyeri. Kondisi ini kerap dijumpai pada ibu menyusui. Infeksi terjadi ketika bakteri dari permukaan kulit Anda atau dari mulut bayi masuk ke saluran susu melalui puting.

Dari beberapa penyebab tersebut Fibroadenoma Mamae ( FAM ) adalah penyebab timbulnya benjolan di payudara yang paling sering, penyakit ini bersifat jinak sehingga tidak terlalu berbahaya dan bisa menghilang dengan sendirinya.

Namun Fibroadenoma Mamae ( FAM ) perlu diobati dan diwaspadai jika sudah menimbulkan benjolan dengan ukuran besar sehingga menimbulkan berbagai gangguan dan keluhan, dan operasi menjadi salah satu tindakan yang biasa dilakukan untuk menghilangkan benjolan tersebut.

Mengingat ada beberapa kondisi medis atau penyakit lain yang menimbulkan gejala sama yakni timbulnya benjolan di payudara maka sangat penting bagi anda untuk lebih jeli dan bisa membedakan mana benjolan di payudara berbahaya dan benjolan payudara yang tidak berbahaya.

Ciri Benjolan Di Payudara Yang Berbahaya Akibat Kanker

Benjolan payudara yang berbahaya ini yang perlu diperhatikan dan mendapatkan penanganan yang tepat dan secepat mungkin yakni benjolan karena adanya pertumbuhan sel kanker di payudara sehingga menimbulkan benjolan.

Berikut ini adalah beberapa ciri benjolan di payudara yang berbahaya akibat kanker payudara yakni :

  • Benjolan terasa keras, berbeda dengan daerah di sekitarnya. Biasanya jarang ditemukan rasa sakit. Jika ditekan, benjolan tidak bergeser.
  • Payudara mengalami perubahan ukuran atau bentuk.
  • Puting susu tertarik ke bagian dalam.
  • Walaupun jarang, puting susu mengeluarkan cairan yang mengandung darah.
  • Pada jenis kanker yang jarang, muncul bintik-bintik merah di sekitar puting susu yang terlihat seperti eksim.
    Pada beberapa area payudara, terdapat penebalan kulit.

Jika benjolan di payudara yang muncul menunjukan kondisi diatas maka sebaiknya anda segera memeriksakan diri kepada dokter guna mendapatkan kepastian tentang penyebab benjolan yang di alami serta mendapatkan penanganan dan pengobatan yang cepat dan tepat.

Dalam prakteknya ada beberapa pemeriksaan yang akan dilakukan oleh dokter untuk mengetahui penyebab timbulnya benjolan di payudara pada seseorang yakni :

  • Ultrasonografi (USG) secara efektif dapat digunakan untuk memeriksa payudara yang padat, seperti pada perempuan muda.
  • Mamografi sendiri lebih unggul untuk pemeriksaan terhadap payudara yang kurang padat, biasanya pada perempuan yang telah melalui menopause.
  • Kombinasi USG dan mamografi dapat mendeteksi tumor yang lebih ganas.
  • MRI atau Pencitraan Resonansi Magnetik digunakan untuk pemeriksaan pada kasus yang lebih rumit, seperti kanker payudara yang berkaitan dengan mutasi gen, penderita menggunakan implan silikon gel pada payudara, atau kondisi rumit lainnya. Namun, biasanya pemeriksaan MRI saja tidak cukup dan diperlukan pemeriksaan lebih lanjut.
  • Biopsi merupakan pengambilan sampel pada lapisan tertentu dalam payudara untuk memastikan keberadaan sel abnormal

Serangkaian pemeriksaan medis tersebut jelas tidaklah mudah dan murah sehingga sebagian penderita malas untuk melakukan serangkaian medis tersebut dan lebih memilih pengobatan secara alternatif  yang juah lebih mudah dan murah.

Demikianlah informasi tentang ciri benjolan di payudara yang berbahaya ini semoga bisa dipahami dan menjawab rasa ingin tahu anda serta menambah wawasan anda, terima kasih banyak sudah menyimak dan berkunjung di halaman sederhana  kami ini dan jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat !

sumber materi :
http://www.alodokter.com/waspadai-benjolan-pada-payudara

2 thoughts to “Ciri Benjolan Di Payudara Yang Berbahaya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *